-->

Memperbaiki Komputer yang Error Saat Dihidupkan (Start Up)

Masalah yang paling sering dihadapi dan akan dihadapi oleh semua komputer dan laptop adalah Error saat komputer akan dihidupkan atau bahasa kerenya Error saat Start Up. Banyak faktor yang dapat menyebabkan error ini. Berikut adalah trik komputer untuk mengatasi error saat komputer start up yang dibuat berdasarkan pengalaman admin singamedia.
1. Error DCMOS
Error yang akan dihadapi oleh semua komputer dan laptop adalah Error DCMOS. Singamedia akan memberikan cara mengatasi Error DCMOS. Error DCMOS terjadi karena Batre CMOS (batre Jam pada komputer) telah habis dayanya dan harus diganti. Batre CMOS memungkinkan komputer untuk tetap mengenali waktu walaupun komputer/lapto tidak dialiri daya listrik dari luar (PLN). Mengatasi Error DCMOS dapat dilakukan dengan mengganti batre CMOS dengan membeli di toko-toko jam tangan. Harga batre juga cukup beragam, namun Saya menyarankan anda agar membeli batre yang harganya Rp 5.000 alias GOceng, karena ketahanannya sama saja. Jika adan belum sempat membeli batre dan menggantinya ANDA MASIH DAPAT MENGHIDUPKAN komputer/laptop anda dengan trik komputer, menekan tombol F2 (untuk masuk ke setingan BIOS) kemudian anta pilih “Set As Default My Computer” atau semacam itulah, tergantung MotherBoard Komputer Anda. Kemudian tekan ENTER, dan Anda pilih Kembali “Save And Exit” Tekan ENTER 2 kali. Maka anda akan dapat masuk ke dalam OS. Cara ini merupakan salah satu trik komputer mengatasi Error saat Start UP Komputer.
2. Layar Monitor Tidak Muncul (Khusus PC/ Komputer)
Banyak terjadi masalah ketika komputer dinyalakan, ternyata pada layar mobitor tidak muncul apa-apa. Berikut ini adalah trik komputer untuk mengatasi error saat start up yang layar monitornya tidak muncul.
A. Pastikan Kabel yang menghubungkan monitor komputer dan CPU terpasang dengan benar
B. Jika sudah benar, coba buka kabel penghunung monitor dan CPU, yang berada di belakang CPU. Lihatlah pada ujung kabel tersebut. Perhatikan Besi-besi yang tertancap paba kabel tersebut. JIka salah satu besi tersebut berkunrang, maka kabel tersebut kurang tepat digunakan, anda disarankan mengganti kabel tersebut.
C. Jika Kartu Grafis / VGA anda OutBoard atau tidak menyatu dengan Prossesor, anda dapat mencabut pasangan VGA di Motrerboar dan Membersihkan bagian yang tercancap di MotherBoard dengan “KARET PENGHAPUS” yang biasa digunakan untuk menghapus pensil.
D. JIka sudah selesai, pasang kembali dan Hidupkan komputer anda.
E. Jika masih tidak berhasil, disarankan untuk membawa ke teknisi komputer terdekat.
SEKIAN TRIK KOMPUTER MENGATASI ERROR SAAT START UP

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel