-->

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Internet :: Pengertian, Fakta, Dampak Jaringan Internet

Pengertian Jaringan Internet


Pengertian jaringan Internet adalah suatu jaringan dari jaringan yang berinteraksi satu sama lain melalui pertukaran paket data.  Jaringan internet merupakan jaringan komputer terbesar, dan sering diistilahkan bahwa jaringan internet adalah network on network artinya jaringan internet itu adalah jaringan diatas jaringan komputer.
Jaringan Internet adalah sebuah alat liberalisasi kuat yang telah mengubah fungsi dunia. Salah satu fakta terbesar  jaringan internet bahwa batas antara negara sudah tidak berguna dalam skenario tertentu, dalam hal ini transfer data dan informasi menjadi sangat sederhana dan mudah didapakam. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa tehnologi internet ini akan memberikan dampak terhadap pola pemikiran dan pola perilaku masyarakat kita menjadi liberal dan akan merubah tatanan filosofi yang kita anut.

Fakta Jaringan Internet

Di negara-negara maju, penetrasi internet dan akses internet berjalan hampir 75%, hal ini berarti bahwa mayoritas duduk di negara maju sedang online. Di negara berkembang dan negara dunia ketiga, situasinya tidaklah begitu cepat perkembangannya dibanding dengan negara maju.  tetapi intinya bahwa jumlah ini akan meningkat lebih lanjut di semua negara di seluruh dunia, dan dengan segera setiap individu di dunia ini akan dapat terhubung ke world wide web.

Fakta-fakta menarik yang ada di Jaringan Internet

Ada banyak aspek yang menarik dari Internet, dan beberapa cerita-cerita menarik tentang muasal, evolusi dan sejarah jaringan komputer dan Internet.
  • Internet diciptakan pada tahun 1960-an oleh organisasi pertahanan Amerika Serikat. Baca lebih lanjut sejarah internet,
  • Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menciptakan istilah ‘World Wide Web’.
  • hard disk Pertama hanya mampu menyimpan hanya 5 MB data.
  • Mosaik adalah web browser pertama dirilis pada tahun 1993.
  • Ada sekitar satu miliar situs-web yang berjalan di situs web saat ini
Fakta-Mengenai Pola hidup di Jaringan Internet
Salah satu prestasi terbesar dari Internet adalah tehnologi yang sangat cepat perkembangannya. Alat ini merupakan kekuatan terbesar dan tanpa batas dalam memperoleh informasi.
  • Rata-rata, orang menghabiskan sekitar 51 menit per sesi berselancar di internet.
  • Waktu rata-rata melihat halaman web adalah sekitar 45 detik.
  • Pengguna Internet mencapai 50 juta dalam kurung 5 tahun.  radio Butuh 38 tahun, dan TV butuh 13 tahun untuk mencapai angka yang sama.
  • Meskipun  jumlah pengguna sangat tinggi, namun 80% dari populasi dunia belum menggunakan Internet.
  • Sekitar 70% pengguna Internet adalah laki-laki.
  • Jumlah total pengguna Internet di seluruh dunia adalah sekitar 2 miliar.
  • Orang yang menggunakan Internet berkedip 10 kali per menit, sedangkan orang yang tidak menggunakan Internet akan berkedip setidaknya sebanyak dua kali.
  • Swedia adalah negara dengan jumlah terbesar pengguna Internet, 78%.
  • Jaringan internet memunculkan perilaku menyimpang dalam hal seksulita, baca cyber-sex
Fakta Dampak Negatif Jaringan Internet
Salah satu ancaman terbesar bahwa jaringan internet membawa prilaku adiktif kecanduan internet dan keamanan Internet . baca dampak negatif jaringan internet
  • 70% Orang tua tidak mengetahui apa yang anak-anak mereka lakukan di internet.
  • Hampir 80% dari gambar di jaringan Internet adalah wanita-telanjang.
  • Ada kejahatan internet yang dilakukan di seluruh dunia setiap 10 detik. Baca cyber crime
Semua ini menarik dan aneh tapi inilah fakta sesuai angka-angka statistik yang menunjukkan seberapa kuat web telah benar-benar menjadi suatu hal yang luar biasa. Ada banyak kerugian yang ditimbulkan oleh Internet juga tapi hal ini juga tergantung sepenuhnya pada orang yang menggunakan layanan ini. Fakta-fakta Internet ini seharusnya cukup untuk membuat Anda berpikir untuk sementara waktu akan dampak jaringan internet.

Kegunaan Internet

Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Kegunaan Internet pada hidup kita jelas dan tidak dapat dikesampingkan. Digunakan dalam hampir setiap domain bisnis. kegunaan Internet secara populer telah dibahas secara rinci dalam artikel berikut.
Di jaman serba komputer saat ini, betapa akan menjadi sulitnya hidup ini jika tidak menggunakan Internet. Berpikir mengenai kegunaan internet, Untuk menemukan informasi, kita semua telah mengakuisisi kebiasaan  dengan ‘Googling’ di web,  dalam hitungan detik, layar segera menampilkan informasi yang dikehendaki. Ketika anda ingin bbooking tiket pesawat atau reservasi kamar hotel ketika anda liburan, atau sekedar nonton film bareng dengan teman-teman, Anda dapat memesannya hanya dengan klik sebuah tombol, melalui media Internet.
Banyak  diantara kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa menikmati manfaat internet, Internet memang telah membuat dunia ini menjadi kecil, kita dapat menjelajahi jagad ini, melihat situasi belahan dunia secara real time melalui layar monitor. hidup ini terasa lebih mudah karena revolusi teknologi telah memungkinkan kita untuk mengakses Internet dari mana saja melalui banyak cara. Sangat banyak kita rasakan kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini saya jelaskan kegunaan internet di berbagai sektor kehidupan.

Kegunaan Internet dalam bidang informasi:

Untuk orang awam, Internet hanyalah kumpulan situs web. Dan ada banyak situs yang melayani berbagai tujuan. Ada situs-situs berita, situs jaringan sosial, situs web yang menyediakan informasi dan situs-situs berbagai bisnis dan organisasi. Situs ini sering diperbarui untuk memberikan informasi akurat dan aktual kepada pengguna. Anda dapat menemukan semua hal di web hanya dengan browsing melalui beberapa website. Dengan kegunaan  internet, kita dapat menggunakan email, blog, chatting IM, situs jaringan sosial dan perangkat lunak komunikasi untuk berbagi. Internet telah membuat akses untuk informasi lebih murah dan lebih mudah dan hal ini telah menjadi umum pada kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Kegunaan Internet dalam bidang Bisnis & periklanan:

Hampir semua bisnis hari ini memiliki situs web, di mana mereka mempromosikan dan mengiklankan usaha  mereka sendiri. Kegunaan Internet dalam bidang Bisnis & periklanansecara ekstensif untuk promosi. Tidak hanya mempromosikan bisnis Anda tetapi Anda dapat juga secara efektif mengiklankan acara Anda atau apapun penyebab pada media ini. Ada banyak bisnis yang bergantung pada Internet untuk kelangsungan hidup mereka seperti saham dan call center, untuk beberapa nama. Itu telah mempromosikan akses cepat ke informasi yang diperlukan yang memperkuat proses bisnis.

Penggunaan Internet bagi Pelajar

Internet juga adalah sebuah media yang populer digunakan oleh para pelajar. Banyak siswa menikmati manfaat internet bagi pendidikan, seperti untuk mencari bahan pelajaran atau untuk mencari literatur atau referensi ilmu pengetahuan di perguruan tinggi atau universitas. Sekarang semua aplikasi dilakukan secara online di dunia maya melalui website oleh badan pendidikan untuk memudahkan pelajar dan mahasiswa untuk mengakses materi dan informasi di lembaga pendidikannya. Siswa menggunakan website untuk untuk melakukan tujuan tersebut, misalnya mengecek hasil ujian, jadwal ujian, prosedur dan aplikasi pembelajaran, dll. Siswa juga menggunakan kegunaan Internet untuk memperoleh bahan pelajaran misalnya gambar, video belajar untuk kepentingan pendidikannya. hal tersebut memeberikan keuntungan dari kegunaan internet bagi pelajar

Kegunaan Internet dalam bidang Komunikasi & jaringan:

Penggunaan Internet untuk jaringan ini sangat populer di antara semua kelompok umur. Dampak positif internet pada kehidupan masyarakat semakin dirasakan. ada banyak situs baik jaringan sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi. Website ini menyediakan platform yang mudah dan efektif untuk memfasilitasi interaksi pengguna internet. Dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan internet digunakan sebagai  alat komunikasi, dengan cara mengakses melalui situs-situs jaringan, chatting website, blog, dll. Melalui website mereka juga dapat berbagi foto, bahkan real time video dengan orang orang dekatnya. Internet secara luas digunakan oleh pencari kerja untuk pencarian pekerjaan dan melamar pekerjaan. Fasilitas seperti video conferencing telah memungkinkan untuk melakukan wawancara secara online.

Kegunaan Internet dalam bidang Hiburan:

Hal yang  populer adalah kegunaan Internet dalam bidang hiburan yang murah dan terjangkau.Fasilitas online seperti mendengarkan, men-download musik dan film  secara gratis dan penggunaan game online, dsb. Kemudahan akses TV online dari station TV manca negara bisa dinikmati secara real time. Menonton pertandingan sepakbola misalnya, kita dapat kegunaan internet untuk mengakses semua dengan gratis. Internet memang menawarkan hiburan yang murah untuk dinikmati sekedar menghilangkan kejenuhan disela-sela stress kerja.

Kegunaan Internet Populer lainnya:

Kegunaan internet yang populer saat ini  ialah digunakannya untuk transaksi perbankan atau dikenal dengan istilah Internet bangking. Kemungkinan hampir semua transaksi perbankan melalui media ini. Selain hal ini sudah menjadi umum digunakan, kegunaan internet juga dapat digunakan untuk bisnis dan berbelanja secara online.
Belanja online sudah sangat populer dewasa ini di kalangan para pengguna Internet. Anda dapat membeli barang kebutuhan dan tinggal menunggu kurir menyampaikan ke rumah tujuan. Tidak kurang pula manfaat internet ini adalah menjadi hal pokok yang menunjang pekerjaan.
hal yang dijelaskan di atas adalah kegunaan internet secara umum dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah anugerah bagi kita dan telah membuat hidup kita lebih mudah dengan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan dari kegunaan internet. Tetapi yang perlu diperhatikan pula, internet juga rentan terhadap serangan berbagai macam ancaman dan keselamatan internet.
Untuk melindungi dari serangan Internet ini kita semua harus menggunakannya dengan hati-hati dan melindungi privasi dari berbagai penyusupan. Waspadai dan jangan terlena dengan sejuta kegunaan internet.

Pengertian Internet dan Intranet, Ekstranet Dan Cara Kerjanya

Pengertian Internet dan Intranet secara umum

perbedaan internet dan intranet
perbedaan internet dan intranet
Pengertian internet dan intranet sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya skala penggunaan yang berbeda, jika intranet membatasi penggunanya pada lingkup organisasi dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi itu melaukan pertukaran data dan informasi, sedangkan internet tidak terbatas pada orang atau organisasi tertentu saja tetapi setiap pengguna memungkinkan berbagi informasi secara global. dibawah ini saya paparkan pengertian internet dan intrnet dari berbagai sumber.
Pengertian Intranet dan Internet menurut ahli
  1. Pengertian Inernet dan Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang masing-masing memililiki accesibility yang berbeda, meskipun sama-sama menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang sama namun intranet adalah jaringan  internal pribadi atau koneksi dari satu atau lebih jaringan komputer, yang penggunaannya dibatasi hanya pada akses organisasi atau yang terlibat langsung dari organisasi tersebut.  Sedangkan internet adalah hubungan pada jaringan komputer secara global.
  2. Pengertian Internet dan Intranet adalah Koneksi yang melibatkan teknologi jaringan komputer yang melibatkan atau pembatasan akses jaringan. Internet adalah sistem jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup, sedangkan pada intranet mengadopsi teknologi internet dan membatasi penggunanya pada lingkup yang sempit, walaupun pada intranet bisa mengakses perangkat mirip dengan internet misalnya Transfer data melalui jaringan yang  dikontrol dengan menggunakan internet protokol seperti mentransfer hyper text transfer protocol (HTTP) dan file transfer protocol (FTP).  Jenis-jenis jaringan yang digunakan untuk memberi kemudahan berbagi informasi dan komunikasi dalam perusahaan.  Dalam industri berbasis pada sektor teknologi informasi, mutlak memiliki intranet karena diperlukan untuk  pekerjaan mereka berbagi data yang banyak.

Konsep Pengertian Internet dan Intranet

Mungkin anda bertanya apa yang berbeda dari konsep intranet dan internet ? Disini saya akan membahasnya secara tuntas mengenai 2 topik  internet dan intranet  yang berbeda ini
Sepanjang usia tehnologi informasi sangat tergantung pada perkembangan jaringan komputer, dalam hal ini jaringan komputer pada dari berbagai skala dimana teknologi informasi tidak sekedar sebagai komoditas hari ini. Ada dua jenis jaringan komputer yang sering didengarkan, salah satunya tentu saja internet dan yang lainnya yang biasa digunakan di perusahaan adalah Intranet.  Pada Artikel ini saya akan menjelaskan pengertian internet dan intranet dan membuat perbandingan intranet dan internet agar memberi Anda wawasan tentang perbedaan antara dua jenis jaringan ini
Konsep dasar jaringan intranet dan internet adalah sama-sama bagian dari jaringan komputer.  Jaringan komputer memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi antara sekelompok komputer.  Jaringan komputer operasional pertama diciptakan di Amerika Serikat  untuk Departemen Pertahanan yang  dikenal sebagai ‘Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).  Sejak itu, jaringan teknologi dan arsitektur jaringan komputer berkembang dalam kompleksitas dan kecanggihan, akhirnya melahirkan internet.  Satu set perangkat lunak jaringan komputer dan perangkat keras yang canggih telah menghasilkan teknologi komputer.  Konsep Internet seperti yang kita saksikan sekarang, intranet dan internet adalah dua titik pada skala kompleksitas jaringan komputer.

Perbedan Pengertian Internet, Intranet, extranet Dan Cara Kerjanya

Untuk mengenali perbedaan dan batasan pengertian internet dan intranet diatas mari kita simak ciri-ciri perbedaan konsep pengertian Internet dan Intranet dan juga jaringan parsial atau Intranet sebagai pembanding
Pengertian Internet adalah jaringan Komputer yang bisa diakses seluruh dunia, komputer dapat diakses oleh siapa saja yang mengetahui alamat Internet Protocol (IP)  mereks, TCP IP  yang mendefinisikan lokasi atau alamat komputer (Baca Pengertian dan Fungsi TCP IP). Sebagian besar komputer telah menggunakan nama Domain seperti http://jaringankmputer.org Sebelum komputer ini diberi nama dan dapat diakses, maka harus diselesaikan (diterjemahkan) ke sebuah alamat IP. Untuk melakukan hal ini browser  (misalnya Firefox, Chrome, Opera atau Internet Explorer) akan mengakses Domain Name Server (DNS) komputer untuk pencarian nama dan mengembalikan alamat IP – atau dengan mengeluarkan pesan kesalahan yang menunjukkan bahwa nama itu tidak ditemukan. Setelah browser mendapatkan alamat IP maka dapat mengakses komputer secara remot. Server sebenarnya adalah komputer yang menyajikan halaman web Baca Fungsi Web Server). Dan jika saja jaringan terlindungi  di belakang firewall maka jaringan itu  menjadi Extranet.
Intranet adalah merupakan jaringan yang tidak tersedia bagi dunia luar Intranet. Jika jaringan Intranet terhubung ke Internet, Intranet akan berada di belakang atau dilindungi oleh firewall jika memungkinkan akses dari Internet, Intranenet akan menjadi jaringan Extranet. Firewall membantu untuk mengontrol akses antara Intranet dan Internet untuk memungkinkan akses ke Intranet.  Hanya kepada orang-orang yang tergabung atau diberi otorisasi dalam perusahaan atau organisasi yang sama bisa mengakses Intranet. Dalam bentuk yang paling sederhana, jaringan Komputer Intranet dapat diatur sedemikian rupa hingga PC di jaringan Intranet tidak memiliki akses  ke Internet.
Sedangakan Pengertian Ekstranet adalah Perpanjangan jaringan intranet perusahaan keluar atau ke Internet, dengan tujuan agar pelanggang, pemasok atau pemakai tertentu yang diberi wewenang dapat mengakses data pribadi perusahaan melalui aplikasi World Wide Web tapi berbeda dengan jaringan internet umum  dapat diakses oleh semua orang. [Did Marc Andreessen : September 1996]
Intinya Pengertian Eksranet adalah Jaringan Intranet yang  dapat diakses oleh sebagian orang luar organisai yang diberi wewenang.  Server  (komputer yang menyajikan halaman web) berada di belakang firewall. Firewall membantu untuk mengontrol akses antara Intranet dan akses Internet  ke Intranet  untuk orang-orang yang telah diberi otorisasi. Tingkat akses dapat diatur ke tingkat yang berbeda bagi individu atau kelompok penggun luar. Akses dapat didasarkan pada username dan password atau alamat IP yang mendefinisikan komputer. Demikian Perbandingan Pengertian Internet dan Intranet, Ekstranet Dan Cara Kerjanya

0 Response to "JARINGAN KOMPUTER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel