-->

Unsur-Unsur Halogen Kimia, Unsur Halogen Karakteristik

Unsur-Unsur Halogen
 Unsur-Unsur Halogen
 Unsur-Unsur Halogen
 Unsur-Unsur Halogen
 Unsur-Unsur Halogen

Unsur-Unsur Halogen

Unsur-Unsur Halogen

Unsur-Unsur Halogen

Kegunaan Halogen

Kegunaan Halogen


Unsur Halogen Karakteristik dan Sifat

Keluarga halogen terdiri dari kumpulan unsur-unsur non logam. Seri unsur ini jatuh di bawah kelompok 17 dari tabel periodik unsur kimia. Unsur-unsur yang terdiri dari keluarga halogen dari unsur kimia termasuk klorin, fluorin, yodium, brom dan astatin.

Ununseptium, yang bukan merupakan unsur alami, juga diyakini oleh banyak orang sebagai halogen. Karakteristik unik dari halogen adalah bahwa ini adalah satu-satunya kelompok unsur dalam seluruh tabel periodik yang terdiri dari unsur-unsur yang memiliki ketiga keadaan klasik materi – padat, cair dan gas – ketika disimpan dalam kondisi tekanan dan suhu standar. Mari kita lihat lebih rinci pada berbagai karakteristik halogen untuk mengenal kelompok ini unsur lebih dekat.

Karakteristik Keluarga Halogen

Berikut adalah daftar dari karakteristik halogen yang unik untuk semua konstituen dari kelompok unsur. Karakteristik halogen ini mengatur unsur-unsur yang termasuk kelompok unsur ini terlepas dari semua kelompok dan unsur dari tabel periodik lainnya.
  • Semua unsur halogen sangat reaktif. Karena kecenderungan terhadap reaktivitas tinggi, halogen tidak bisa eksis dalam lingkungan sebagai unsur murni. Mereka biasanya ditemukan terjadi sebagai senyawa atau ion.
  • Kebanyakan ion halogen dan atom dapat ditemukan dikombinasikan dengan  bahan kimia lain yang hadir di laut atau air mineral. Hal ini karena, unsur-unsur halogen cenderung untuk membuat garam ketika mereka bersentuhan dengan logam dan bergabung dengan mereka untuk membentuk senyawa.
  • Seperti disebutkan sebelumnya, halogen adalah satu-satunya kelompok unsur dalam seluruh tabel periodik yang terdiri dari unsur yang dimiliki ketiga keadaan klasik materi – padat, cair dan gas. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa ketika disimpan di bawah suhu kamar dan tekanan normal, astatin dan yodium berupa padatan, bromin muncul sebagai cair dan klorin dan fluor terjadi sebagai gas.
  • Semua unsur halogen membentuk hidrogen halida, yang merupakan asam yang sangat kuat, ketika mereka menggabungkan dengan hidrogen dan membentuk senyawa biner.
  • Saat bereaksi di antara mereka sendiri dalam kelompok halogen, unsur halogen membentuk senyawa diatomik antar halogen.
  • Halogen mendapatkan kecenderungan tinggi untuk bereaksi dengan materi lain karena tingginya tingkat elektronegativitas atom mereka yang merupakan hasil dari muatan inti efektif tinggi dari semua atom halogen.
  • Makhluk hidup biologis mungkin mengalami efek berbahaya jika mereka terkena baik dalam jumlah besar halogen atau jumlah hingga sedang untuk jangka waktu yang lama.

Sifat halogen

Semua karakteristik halogen dapat dikaitkan terjadi karena kesamaan sifat fisik dan kimia bawaan yang dimiliki unsur-unsur dari kelompok ini. Tabel berikut menyajikan berbagai sifat fisik dan kimia halogen.

Sifat fisik halogen
  • Halogen ada di semua tiga keadaan klasik materi – padat, cair dan gas. 
  • Halogen diatomik ketika disimpan di bawah suhu kamar.
  • Halogen seperti fluor, brom dan klor beracun di alam, masing-masing memiliki berbagai tingkat toksisitas 
  • Tidak ada halogen yang benar-benar berwarna.
  • Dalam bentuk padat mereka, semua halogen memiliki tekstur yang rapuh.
  • Semua halogen memiliki elektronegatifitas. Mereka mendapatkan elektron sangat cepat membuat mereka yang paling reaktif dari semua unsur kimia.
  • Halogen mudah terdisosiasi menjadi partikel atom dan dapat menggabungkan dengan unsur  sekitarnya untuk membentuk senyawa.
  • Ketika dikombinasikan dengan hidrogen, halogen menghasilkan halida yang merupakan senyawa asam yang sangat kuat.Umumnya untuk non-logam, halogen memiliki titik leleh dan titik didih yang sangat rendah.
  • Halogen adalah konduktor panas dan listrik yang buruk, terlepas dari keadaan fisik mereka.
Yang lebih baik tentu membuat rangkuman karakteristik halogen ini. Berbagai halogen digunakan oleh kita dalam berbagai macam jalan kehidupan kita. Penggunaan halogen termasuk memanfaatkan mereka sebagai bahan utama untuk pembuatan desinfektan, pendingin, insektisida, pewarna makanan, pewarna, produk minyak bumi, bahan pemeriksaan api, dll. Lampu halogen yang diproduksi dengan mengisi gas inert, yang mengandung sejumlah kecil baik yodium atau bromin, di dalam bohlam yang memiliki filamen tungsten. Halogen dan tungsten bereaksi sedemikian rupa sehingga lampu dapat bekerja pada suhu yang lebih tinggi tanpa bohlam semakin gelap. Di antara semua halogen, penggunaan astatin belum dipastikan lagi.

0 Response to "Unsur-Unsur Halogen Kimia, Unsur Halogen Karakteristik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel